dari : Serba-Serbi Kaisar Ruby

Nubitol mau nanya neh
1.Emang kalo ganti karbu brp duit om?
2.Pake tipe Apa?
3.Bengkel recomend dimana?
4. Nambah kenceng gak?
5. Shock depan kok gak ada ngeredam yah, geter2 gitu, trus kalo belakang, kerasnya bukan main, kalo mau empuk setelnya ke arah mana?

Thanks

Dijawab Oom Admin :

newbie jg cb jawab gan…

1. Relatif tergantung pake karburator apa. beberapa nyoba pake PE 28 (milik NSR SP)

2. Tipe karburator mungkin ukuran karburator kali yah ? kalo iya jenis nya harus disesuaikan dengan kebutuhan. sebagai contoh :

kita melihat cc motor kita ada 250 cc (4 tak), motor yang dipasaran adalah :
a. tiger 200 cc (4 tak)
b. scorpio 225 cc (4 tak)
c. thunder 250 cc (4 tak)
d. ninja 250 cc (4 tak)
e. NSR SP (PE 28) 150 cc (2tak) – setara 300 cc (4 tak)
f. aftermarket (lihat bibir nya) 24 / 26 / 28 / 32 / dst…

note :
kalo pake karburator HD nampaknya terlalu besar. Tidak sesuai kebutuhan mesin. ibarat hidung :
– hirup udara : karburator
– buang udara : knalpot

nah kalo karburatornya kegedean ibarat hirup udaranya kebanyakan n jadi batuk-batuk malahan

Tambahan dari bro “taufikrmdh” ttg setelan karburator

Sharing cara setting karburator Kaisar Ruby:

Dibawah ini foto karburator kaisar Ruby, yang di tunjuk panah merah itu skrup udara (air screw), kl di putar searah jarum jam settingan Karbu jadi Rich (basah/ lebih banyak bensin), kl di putar ke kiri settingan karbu jadi lean (kering / lebih banyak udara)

Cara stel skrup udara untuk mendapatkan settingan yang pas :
nyalakan mesin putar skrup udara ke kanan sampai mentok, mesin harus jadi mati (kl tidak mati berarti ada kebocoran di karbu dan di karet intake manifold).
nyalakan lagi mesin sambil buka sedikit gas, tahan gas pada posisi dimana putaran mesin seperti mau mati (brebet) kemudian buka skrup udara ke kiri sampai di dapat putaran mesin paling tinggi.
Settingan yang pas dapat terlihat pada warna kepala busi coklat merah bata

Pada kondisi cuaca panas dan mesin ada gejala overheat (kepanasan) sekrup udara dapat di putar ke kanan 1/4 putaran supaya settingan karbu menjadi sedikit Rich (basah)

semoga bermanfaat, barangkali dari para Suhu mau menambahkan…

3. No Comment

4. Nambah kenceng atau ngga tergantung setingan dan ke cocokan antara karakter mesin dengan karburator.

5. Getar gimana kamsud nya ? diputar ke arah yang menjauhi baut shock atas. dan saran busa jok nya di papas n ditambel / digemukin sama jok bebek jepang. bikin di tukang jok.

CMIIW

Oom Alit menjawab juga :

Itu motor Milu Nyium.. (Millenium) Sebelum Kaisar emang sdh masuk tuh motor tahun 2000an mungkin.

Om Yos ROC Jaktim pernah nebus motor kayak gini 7jt an tanpa surat. Yup ini adalah copy cat 100% Virago250. mesin buatan Zhongcheng, silahkan lihat kode mesinnya dan partnya awalan apa? ZC, QJ (Quanjiang) atau lainnya.

Benar bisa pakai CDI (motor apa aja, gak spesifik Shogun) dua biji, yg penting mainkan timing pengapian, bisa cerita gak kabel2 nya di colok kemana aja?

Karbu ori udah bagus, ukuran 26 tipe Drawdown Vacuum (intake mengarah ke bawah). tinggal maen pilotjet mainjet sesuaikan mesin dan knalpot. Penggantian mungkin pakai jenis skep seperti yg om danto sebut, tapi harus bikin manifold yg mengarah samping.

Jadi kenceng? Nggak.. mungkin lebih responsif aja.

Pengalaman yg hampir seluruh new buyer Ruby250 adalah Jok keras, shock belakang bikin perut keram, Shock depan kurang redam, kopling keras (utk thn 2008-2009), rem gak pakem.

Benar, jok ganti busa nya, terus di custom sesuai nyamannya gimana, cari aja di google gambar Jok custom sesuai selera.

Shock belakang keras, setel aja ke yg paling empuk (per nya lebih renggang) coba baut arm yg tengah dikendorin dulu sedikit, kalo masih kurang nyaman bisa ganti dgn after market yg ukuran 260 kalo gak salah.

Untuk shock depan coba oli nya ditakar ulang, masing2 tabung kasih 250cc oli shock, kalo amblas tambahin dikit dikit.

Rem gak pakem? pertama ganti kanvas remnya dulu depan pake original Suzuki Thunder 125, belakang pake Aspira punya Supra. Bagian daleman kaliper di ganti karet karet nya, bagian master rem khusus yg belakang ganti tonjokannya pake repair kit nya satria atau supra 125 DD.